Segmentasi pasar adalah serangkaian tindakan yang diperlukan untuk membagi pasar tertentu dan kelompok konsumen dan subkelompok ke dalam kategori berdasarkan karakteristik khusus mereka. Misi utama dari proses ini adalah untuk mengidentifikasi segmen pasar yang berpotensi menguntungkan dan terukur.
Untuk pemasar, segmentasi datang sebagai proses agregasi audiens target ke dalam klasifikasi mengikuti tuntutan dan kebutuhan yang sama dalam hal kecenderungan konsumsi. Bagi investor, segmentasi memberikan penelitian pasar yang diperluas dengan kesempatan untuk mengidentifikasi ceruk dan perusahaan yang paling menguntungkan dari perspektif investasi.
Baik Anda seorang investor atau pemilik bisnis, segmentasi pasar adalah tahap perkembangan yang penting. Ini membantu untuk mengidentifikasi sektor yang paling menguntungkan dalam segmen pasar yang berbeda.
Terlepas dari sisi mana Anda berada, segmentasi membutuhkan analisis pasar yang mendalam dan pemahaman tentang beberapa dasar keuangan dan ekonomi.
Segmentasi yang tepat memungkinkan organisasi untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan beberapa promosi atau kampanye iklan mereka. Perusahaan yang memiliki pasar yang tersegmentasi dengan baik hadir dengan keunggulan kompetitif yang besar dan arah yang jelas untuk skala bisnis. Di sinilah pemilik bisnis perlu mengklarifikasi beberapa jenis segmentasi dasar:
Untuk mengenali segmen pasar yang berbeda, mereka harus memenuhi tiga kriteria dasar. Yang pertama melibatkan subkelompok homogen. Kedua, setiap anggota subkelompok atau elemen segmen harus memiliki karakteristik yang sama. Last but not least, segmen tertentu seharusnya memiliki respons serupa terhadap strategi dan teknik pasar yang diterapkan.
Materi ini tidak mengandung dan tidak boleh ditafsirkan sebagai berisi nasihat investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan untuk setiap transaksi dalam instrumen keuangan. Sebelum membuat keputusan investasi apa pun, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.